REVIEW SOFTWARE

Oktober 26, 2010 pebyword
Tag:

Apa itu M.Y.O.B?
Minding Your Own Business (M.Y.O.B) accounting merupkan paket program komputer untuk bidang akuntansi yang dibuat secara terpadu (integrated software). Program dibuat oleh Data-Tech Software Pty. Ltd. Australia. Data-Tech Software merekomendasikan M.Y.O.B Accounting arsitek, konsultasan, galeri seni, salon kecantikan, kontraktor dan sebagainya. M.Y.O.B Accounting sudah menyediakan chart of account (daftar rekening) siap pakai menggunakan bahasa Inggris untuk 105 jenis perusahaan yang dapat dibaca dalam lampiran.
M.Y.O.B Accounting mempunyai berbagai keunggulan dibandingkan dengan software sejenis, terutama dalam penggunaan yang relatif mudah dan dapat dikuasai dalam waktu singkat, pada prinsipnya adalah mengisikan data dan mengetahui tombol perintah. Prasyarat untuk dapat memakai program secara maksimal adalah penguasaan pengetahuan dasar akuntansi meliputi konsep, prinsip, prosedur dan teknik pencatatan akuntansi untuk pos-pos dalam laporan keuangan.
M.Y.O.B Accounting Software adalah software akuntansi yang sangat mudah digunakan. MYOB Accounting Software akan membantu menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan, mengelola data barang dagangan serta dapat mendesign accounting process sesuai dengan kehendak user sehingga lebih mudah digunakan ketika mencari informasi. Myob Accounting adalah aplikasi akuntansi yang populer saat ini. MYOB Accounting memfokuskan pada perusahaan jasa dan dagang disamping jenis perusahaan yang lain pun bisa juga diterapkan. Paling cocok aplikasi ini diterapkan pada perusahaan menengah kebawah, untuk perusahaan besar rasanya tidak memadai, karena biasanya perusahaan besar jumlah transaksinya sangat komplek sehingga biasanya mempunyai program yang dirancang sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.
M.Y.O.B Accounting sudah menyediakan chart of account (daftar rekening) siap pakai menggunakan bahasa Inggris untuk 105 jenis perusahaan yang dapat dibaca dalam lampiran.
Selain itu keunggulan MYOB Accounting dibandingkan dengan software sejenis, diantaranya :
1. Mudah digunakan (user friendly), Mudah dimengerti oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan yang mendalam tentang komputer dan akuntansi serta sangat mudah dioperasikan dan dapat diterapkan pada berbagai jenis usaha
2. Pembuatan laporan keuangan secara otomatis, lengkap dan akurat, Terdiri dari berbagai jenis laporan keuangan dibuat secara otomatis, meliputi : neraca saldo, neraca, laporan laba rugi, laporan pembelian dan penjualan, daftar umur piutang, jurnal transaksi, persediaan barang dan sebagainya sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan.
3. Kemampuan menampilkan data secara cepat dan mudah, Dilengkapi dengan fasilitas untuk menampilkan data secara cepat dan mudah pada layar komputer atau dicetak ke printer
4. Laporan keuangan komparasi, Menyajikan laporan keuangan komparasi baik neraca, laporan laba rugi maupun penjualan dengan data historis bulan lalu atau tahun sebelumnya
5. Mempunyai kemampuan export data ke program excel, sehingga laporan nya bisa juga di cetak di program excel.
6. Dapat diterapkan untuk 105 jenis perusahaan yang disediakan.
7. Mempunyai laporan keuangan yang sangat banyak termasuk setting pajak serta menampilkan analisa dalam bentuk grafik.
8. Kemudahan penggunaan kecepatan akses data dari sebuah laporan ke sumber transaksi dan linked dengan aplikasi Microsoft Office serta aplikasi lainnya merupakan satu alasan utama mengapa MYOB mendapat penghargaan tingkat dunia dan sangat dikenal di seluruh dunia.
9. Dengan jumlah pengguna yang sudah mencapai lebih dari 700.000 perusahaan dan digunakan oleh lebih dari 10.000 akuntan publik di seluruh dunia. Sekarang MYOB telah membuka regional pemasarannya ke New Zealand, Asia, Hongkong, Amerika, dan Uni Eropa (United Kingdom).
10. MYOB adalah sebuah aplikasi akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah (UKM) yang dibuat secara terpadu (integrated software). Memadukan beberapa modul menjadi satu paket dengan harga yang cukup terjangkau untuk usaha kecil dan menengah.
11. Beberapa pertimbangan menggunakan software ini sebagai alat (tools) yang membantu proses pekerjaan akuntansi supaya menjadi lebih cepat dan tepat di antaranya sebagai berikut :
12. User friendly (mudah digunakan)
Tampilan menu dan aliran transaksi yang sederhana dan mudah. Mudah diingat dan dimengerti oleh orang awam yang kurang mengetahui secara mendalam tentang komputer dan akuntansi .
13. Tingkat keamanan (security) yang valid untuk setiap user
14. Kemampuan explorasi semua laporan ke program excel tanpa melalui proses expor dan impor file yang merepotkan.
15. Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.
16. Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan oleh MYOB.
17. Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.
18. Bisa dijalankan secara offline maupun online.
19. Software tersebut telah teruji karena program tersebut di kembangkan di negara lain, seperti Amerika yang negara tersebut merupakan gudang software yang terkenal dan hebat.

BENTUK PROSEDUR MYOB :
Berikut salah satu bentuk prosedur ada di MYOB Accounting mengenai proses penjualan dan pembelian yang terjadi di dalam suatu perusahaan ;
Penjualan :
1. Perusahaan menerima PO dari customer
2. Cek dalam pencatatan di MYOB apakah ada stok ( barang dagangan ) yang tersedia dari permintaan customer
3. Jika ada stock, maka input no PO ke MYOB dan kemudian siapkan DO
4. Barang dagangan diantar ke costomer dan kemudian berikan DO untuk ditandatangani
5. DO dikembalikan ke perusahaan untuk dijadikan arsip
6. Input data yang tertera di DO ke M.Y.O.B
7. Siapkan invoice yang akan ditagihkan kepada customer. Invoice tersebut diproses melalui M.Y.O.B

Pembelian :
1. M.Y.O.B memiliki fitur stock card yang menunjukkan mengenai persediaan barang yang masih tersisa. Jika stock card menunjukkan jumlah persediaan yang tinggal sedikit maka harus dipersiapkan PO untuk mengorder ke supplier
2. Jika DO dari customer sudah diterima dan barang yang dipesan dari supplier telah tiba di gudang maka harus melakukan pencatatan ke MYOB melalui stock card
3. Jika telah menerima invoice dari supplier maka data invoice diinput kembali di M.Y.O.B

KELAYAKAN BIAYA :
Dari segi biaya, MYOB (All – In – One) hanya memerlukan biaya sebesar US$1.200. Di paket MYOB tersebut telah termasuk software dan juga ada spesialis (tenaga ahli) yang bertugas untuk memberikan pelatihan dan pedoman atas kinerja system ini kepada pengguna/user perusahaan . Sehingga penggunakan MYOB akan menjadi pilihan yang sesuai / cocok.

KELAYAKAN OPERASIONAL :
Secara keseluruhan, penerapan MYOB ini memerlukan pelatihan terhadap karyawan STARK INDUSTRIES agar para karyawan dapat mengoperasikan system ini dengan baik dan berjalan sesuai dengan keinginan perusahaan. Pelatihan/trainning para karyawan dilakukan agar karyawan STAR INDUSTRIES tidak kebingungan atas pengoperasian sistem yang baru. Dari segi operasional jelas bahwa MYOB dapat digunakan dengan maksimal walaupun tidak luput dari kekurangan-kekurangan yang ada. MYOB dapat dengan mudah disesuaikan dengan proses bisnis yang dilakukan oleh perusahaan sehingga perusahaan tidak perlu khawatir untuk beralih ke sistem yang baru.

Sistem MYOB ini menggunakan three – tier sehingga memudahkan perusahaan untuk saling menukar informasi walaupun antara cabang yang satu dengan cabang yang lain berjauhan asalkan masih berada di dalam satu Negara. Three-tier ini digunakan agar pengaksesan data dan informasi dapat segera dilakukan sehingga pengambilan keputusan dapat segera diambil. Selain itu, dengan three-tier perusahaan akan lebih menghemat waktu dan biaya karena dapat diakses secara langsung.
 Konfigurasi sistem
Kelengkapan fasilitas M.Y.O.B Accounting ditujukan dengan modul akuntansi yang dapat ditangani seperti berikut:
 General Ledger
 Chequebook
 Sales
 Purchases
 Inventory

 Report baru
Mencari kebenaran gambaran finansial user dari yang sesungguhnya dengan menggunakan report baru ini:
 Statement Cash Flows – memperlihatkan bagaimana perubahan posisi cash flow memberikan waktu periode dengan manampilkan mata uang berasal dan kemana uang tersebut pergi.
 Costumer Ledger Report – menampilkan sebuah cerita lengkap dari transaksi untuk lintas costumer yang memiliki tanggal jarak dengan perjalanan pemasukan seimbang.
 Vendor Ledger Report – memperlihatkan semua transaksi user per pelanggan dengan jarak dengan perjalan pemasukan seimbang.
 Jobs Slip Summary dan Detail Report – menampilkan waktu aktivitas pembiayaan user dari pekerjaan. User dapat menjumlah report ini dengan aktivitas, costumer, atau pekerja.
 Job Exception Report – dua report baru unutk membantu user menjalankan pemasukan dan transaksi lain yang tidak mempunyai hubungan pekerja dengan dua report tersebut.
 Outstanding Report
Membuat report yang tepat yang user perlukan dan report akses yang cepat yang user inginkan dengan bentuk report baru:
 Pilih satu field report – pilih dengan teliti dari field report untuk memudahkan pembuatan report yang berisi hanya informasi yang user inginkan pada print out sederhana.
 Favorite Report – untuk kecepatan akses untuk report yang user gunakan harian atau regular dasar penambahan sederhana untuk menu report.
 Memudahkan akses dan memilih field report yang tersedia.
 Report filter yang lain untuk membantu bagian dan memotong data report user.

 Form design
Memudahkan pembuatan form yang terlihat lebih profesional dengan aturan disain yang fleksibel :
 Memudahkan penggunaan.
 Pembuatan kotak dengan rounded edges.
 Penggunaan warna unutk garis, teks, atau bingkai.
 Penambahan batas untuk field.
 Pengisian grafik latar atau penggunaan watermark setiap perbedaan format file, memasukan : .bmp, .gif, .jpg, .dan sebagainya.

 Inventory management
Memasukkan item inventaris (masukan item-item dari sistem lain), kategori dan analisis, dan perjalanan automatisasi. Perangkat lunak MYOB Accounting juga menawarkan para pemula membangun perancangan dan kapabilitas pemesanan, membuat stock dari berbagai bagian, dan automatisasi penawaran, pembelian atau pembangunan ketika item-item berjalan pada level paling bawah pada preset stock.

 Item barang
Register item adalah analisis berharga dan alat audit yang memperbolehkan user untuk melihat daftar dari semua penjualan, pembelian, dan transaksi inventory yang telah dicatat untuk single item atau untuk semua item.
User dapat melihat quantitas dan nilai item terdapat tanggal khusus, atau menampilkan history dari semua transaksi yang dibuat untuk beberapa item dalam periode khusus.
User dapat menggunakan report item register detail untuk mencetak daftar dari semua penjualan, pembelian, dan transaksi inventory yang hanya dicatat untuk sebuah item selama bulan khusus, selanjutnya dengan menjalankan balancing dari nilai dan kuantitasnya

 Penyimpanan Account Number
Akuntansi menyediakan seperti cek atau akuntansi simpanan, menyediakan field untuk nomor akuntansi penyimpanan.
 Point and Click Accounting
Dibalik kemudahan tampilan perangkat lunak MYOB Accounting mencatat dua kali pemasukan transaksi akunting yang automatisasi mengambil dari informasi bisnis. Pengisian dikenal dalam form screen seperti cek atau faktur dan catatan tercetak.
Drill down menggunakan panah ke kiri dari transaksi untuk pencatatan lebih detail. Hal ini sama seperti sistem help yang dapat diakses dari setiap screen untk membantu ketika memerlukan informasi.
 Get Started
Perangkat lunak M.Y.O.B Accounting memberikan tahap demi thap melalui bentuk accounting organisasi. Pada setiap tahap akan menanyakan key fact tentang keinginan user.
 Pelaporan bagian menggunakan kategori
Perangkat lunak M.Y.O.B Accounting memberikan tahap demi tahap melalui bentuk accounting organisasi. Pada setiap tahap akan menanyakan key fact tentang keinginan user. Dengan perangkat lunak MYOB Accounting sekarang user dapat menjalankan setiap penampilan pembelian terpusat dengan alokasi sebuah kategori untuk masing-masing transaksi yang dimasukan. Untuk menjamin bahwa report user lengkap, user pun dapat membuat seleksi dari kategori wajib untuk masing-masing transaksi
 Transaksi inventory yang Fleksibel
Jika menggunakan perangkat lunak MYOB Accounting pada sistem manajemen inventory, user akan menilai fleksibelitas dan kebebasan user ketika mengerjakan transaksi inventory. User dapat menarik kembali, mengedit, dan sebaliknya dan menghapus pernyataan inventory dan tranfer yang seperti user dapatkan dengan mencatat transaksi yang lain.
 Baris demi baris demo pada transaksi Bank
Didalam penambahan standard menu field, user dapat memasukan sebanyak 255 karakter memo pada setiap line item pada uang pengeluaran, uang penerimaan atau transaksi jurnal umum, menggambarkan transaksi dengan detail. Ini dapat digunakan ketiak pencatatan pembayaran, penerimaan atau pemasukan jurnal umum yang masing-masing item tidak bersangkutan seperti yang diinginkan untuk mencatat kelengkapan secara detail.
 Analisa bisnis dan pelaporan
Pemberitahuan tempat pemilihan bisnis dengan akurat dan detail informasi dapat diakses dilebih 155 report dan grafik yang fleksibel. Akses ke dalam tanggal Profit Loss Statement dan Balance Sheets, produk meliputi report dan mengirim langsung ke Microsoft Excel atau Email atau menyimpan ke disk untuk akunting user.

 Menghubungkan M.Y.O.B Dengan Software Office
 M.Y.O.B Office Link meghubungkan Perangkat lunak MYOB Accounting produk yang lebih populer di kantor sperti Microsoft Word dan Excel untuk costumer yang memfocuskan marketing dan komunikasi dan menyaring analisis data. Membuat template biasanya untuk hubungan costumer dengan MYOB Office Link untuk Microsoft Word dan Corel Word Perfect.
 E-mail, Invoice, Orders dan Report
 Perangkat lunak M.Y.O.B Accounting membuat format PDF dokumen untuk di transfer program email, gunanya untuk melihat kembali sebelum mengirim email. Costumer, suplier, dan hubungan lain dapat juga mengirim email dari Card File.
 Import data dari Sistem terdahulu
Perangkat lunak M.Y.O.B Accounting menerima standard tipe file, mengimpor informasi bisnis dari program perangkat lunak accounting yang lain sangat mudah, informasi bisnis ini disebut QuickBook V.7x, MYOB QuickBook Conversion Assistant.

 Pengaksesan data personal secara Instan
 Perangkat lunak M.Y.O.B Accounting merangkul kekayaan dari costumer, suplier dan informasi penghubung lainnya dan semua penyimpan dengan mudah mengakses Card File. Kumpulan kredit costumer yang unik dan metode pembayaran dan perawatan adalah hubungan yang detail.
 Organisasi Pekerjaan
 Pastikan pekerjaan anda berada pada alur yang :
 Menggunakan 15 digit untuk fleksibility yang lebih baik dalam membuat gambaran nomor pekerjaan.
 Memudahkan penunjukan dan penempatan sub pekerjaan. Memperbolehkan user untuk mencalonkan user pekerjaan baru sebagai sub pekerjaan tanpa memperharikan yang lainnya dari pesanan secara abjad.

 Multi Currency
Premier multi currency menonjolkan lebih mudah untuk mencatat transaksi dalam dollar, poundterling, yen atau mata uang lainya ketika membeli dan menjual barang dan jasa. Hal tersebut mudah untuk menjalankan kontrol akuntansi melalui sebuah dual account (lokal dan asing) system
 Multi User Access
Dengan Premier’s tidak membatasi nomor dari password yang melindungi profile user, user dapat mengontrol dengan screen, report dan menu item yang user akses, menjamin kesensitivan informasi bisnis memiliki ciri tersendiri. Berdasarkan informasi diatas, maka team penyusun merekomendasikan agar pihak Industries menggunakan software MYOB Accounting dalam memproses dan mengolah proses transaksi yang terjadi diperusahaan. MYOB Accounting memiliki berbagai fasilitas dan keunggulan yang tidak kalah jauh dari software lainnya.

Walaupun M.Y.O.B Accounting sudah cukup terkenal di dunia Sistem Informasi Akuntasi, bukan bearti bahwa software ini harus dibayar dengan harga yang tinggi. MYOB Accoubting menawarkan harga yang cukup standart dan bahkan dapat dijangkau oleh perusahaan menengah ke bawah. Adapun harga yang ditawarkan adalah sebesar US 1,200.00 ( Paket All in One ). Harga tersebut sudah komplit dan siap dipakai langsung oleh pihak perusahaan yang bersangkutan.

Entry Filed under: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Blogroll

GUNADARMA

Koneksi

chat with me..

 
%d blogger menyukai ini: