Tugas 2 Demo Pelajar atau Mahasiswa

Oktober 6, 2011 pebyword
Tag:

Contoh Kasus Demo Mahasiswa
Demo Mahasiswa Anarkis, Makassar Lumpuh
MAKASSAR – Aksi demonstrasi memperingati satu tahun pemerintahan SBY-Boediono mulai memanas. Sejumlah mahasiswa di Makassar pun mulai bertindak anarkis.

Berdasarkan pantauan di lapangan, ratusan mahasiswa dari Universitas Hasanuddin menggelar aksi di depan kampusnya, Jalan Perintis Kemerdekaan. Dalam aksi itu, mereka menutup akses jalan raya dengan barisan massa dan kayu.

Selain itu, para mahasiswa juga memalangkan sebuah mobil yang sebelumnya mereka sandera dari pengemudi, sehingga lalu lintas pun semakin lumpuh. Bahkan, mereka juga menghancurkan lampu merah yang terpampang di simpang jalan dekan kampus. Para mahasiswa terus berorasi menuntut Presiden SBY mundur dari jabatannya.

Kendati demikian, tidak nampak aparat kepolisian yang berseragam lengkap turut mengawal aksi. Para mahasiswa hanya diawasi oleh segelintir aparan yang berpakaian preman.

Selain di Universitas Hasanuddin, aksi juga berlangsung di sejumlah titik. Di antaranya Universitas Muslim Indonesia, Universitas Negeri Makassar, Universitas Islam Negeri Alauddin, dan di flyover Makassar.

Sebagaimana diketahui, bentrokan antara mahasiswa dan petugas keamanan kembali pecah pada Selasa kemarin. Sehari sebelumnya bentrokan terjadi di Jalan Urip Sumoharjo, kemarin di depan Kampus Universitas Negeri Makassar (UNM).

Sekitar dua jam, ratusan mahasiswa UNM saling lempar batu melawan personel Samapta dan Brimob Polda Sulselbar di Jalan Raya Pendidikan. Sedikitnya lima polisi menjadi korban luka akibat lemparan batu dari mahasiswa.
http://news.okezone.com/read/2010/10/20/340/384421/demo-mahasiswa-anarkis-makassar-lumpuh

Analisis : dalam memperingati satu tahun pemerintahan SBY –Boediono mahasiswa dalam hal ini menganggap pemerintah telah gagal mencapai target. Mereka berpendapat presiden harus turun dari jabatannya. Mahasiswa yang bertindak anarkis akhirnya harus berhadapan dengan aparat yang berusaha untuk mengendalikan tindakan anarkis masa.
Tidak setuju.
Alasannya : dalam mengekspresikan pendapat tidak perlu bertindak anarkis apalagi sampai merusak fasilitas umum. Apalagi mahasiswa adalah kaum terpelajar yang seharusnya mengutamakan dialog daripada melakukan aksi anarkis. Anarkis dalam hal ini sangat tidak perlu karena tidak berguna dan tidak bermanfaat untuk semua pihak. Banyak cara mengekspresikan atau mengungkapkan pendapat. Teknologi seagai media untuk komunikasi pada era ini sudah banyak dan dapat mendukung untuk mengutarakan pendapat.

Saran : sebaiknya mahasiswa dalam hal ini mengikuti prosedur untuk mengajukan pendapat atau saran kepada pemerintah dan tidak merusak fasilitas umum atau merugikan kepentingan publik. Mengutamakan dialog dalam mencari solusi lebih bermanfaat daripada bertindak anarkis. Mengoptimalkan media komunikasi yang ada untuk menyampaikan pendapat atau kritikan.

Entry Filed under: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Blogroll

GUNADARMA

Koneksi

chat with me..

 
%d blogger menyukai ini: