“Jika Tuhan menutup pintu, maka Ia akan membuka jendela” Jika Tuhan menutup pintu kebahagiaan kita di satu pintu, maka Ia akan tetap memberikan jendela lain untuk membantu kita melewati penderitaan (Manusia dan penderitaan)

Juni 3, 2012 pebyword
Tag:

Manusia dengan kodratnya sebagai khalifah di bumi ini akan menjalani panggung sandiwara yang sudah ada dalam suratan takdir yang dituliskan oleh Sang Maha Pencipta. Manusia akan mengalami drama kebahagiaan, drama kehilangan, drama kesedihan, drama kesusahan, dan lain sebagainya. Manusia yang menuju fase dewasa adalah manusia yang paling sulit karena sedang mencari jati diri masing-masing.
Manusia akan selalu megharapkan kebahagiaan datang dalam kehidupanya, tidak ada manusia yang mengharapkan penderitaan akan terjadi di dalam hidupnya. Padahal penderitaan adalah salah satu rasa dan keadaan yang akan datang di dalam hidup manusia. Seperti roda, kehidupan manusia pun akan selalu berputar, kadang di atas dan kadang akan di bawah, kadang akan berbahagia, kadang juga akan mengalami penderitaan.
Penderitaan yang dialami manusia dapat berupa musibah, musibah contohnya adalah kematian, kecelakaan, kehilangan harta benda dan lainya. Penderitaan adalah keadaan yang akan membuat manusia merasa lebih kuat jika manusia tersebut bisa melewati ujian dan penderitaan yang sedang dialaminya.


Berikut ini adalah 6 rahasia dari keadaan penderitaan :
1. “Penderitaan selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia.”

2.”Penderitaan akan memunculkan kualitas terbaik dari seorang manusia.”

3.”Penderitaan akan membuktikan kemurnian dan kesetiaan iman seseorang.”

4.”Penderitaan akan mengalahkan musuh terbesar dalam hidup manusia, yaitu diri manusia itu sendiri.”

5.”Penderitaan akan mendidik manusia untuk lebih menghargai kehidupan serta hidup di dunia dengan lebih bijaksana.”

6.”Penderitaan merupakan ekspresi tertinggi dari kasih yang murni.”
Dari keenam rahasia tersebut, semoga manusia akan selalu mempunyai kekuatan baik fisik atau mental dalam menghadapi semua penderitaan yang dialaminya.

Sepanjang sejarah umat manusia, telah tertulis berbagai kisah manusia hebat yang mencapai tingkatan tertinggi dalam sejarah masyarakat dunia, seperti misalnya: Mahatma Gandhi, Nelson Mandela, Soekarno, dan masih banyak kisah mereka yang berjuang dalam penderitaan yang luar biasa tetapi akhirnya keluar sebagai pemenang.
Seorang penulis buku terkenal John Gray pernah menulis: ”Semua kesulitan sesungguhnya merupakan kesempatan bagi jiwa kita untuk tumbuh. ” Jadi sebenarnya kesulitan hidup bukanlah akhir dari segalanya, melainkan justru permulaan bagi kita untuk naik ke taraf kehidupan yang lebih baik. Adalah kesempatan kita untuk tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang lebih baik.

Manusia sesungguhnya sangat diberikan kekuatan oleh Allah SWT. khususnya kekuatan dalam mengarungi dan melewati semua rintangan hidup. Di dalam diri manusia, sadar atau tidak sadar akan merasakan kekuatan, macam dari kekuatan tersebut yaitu kekuatan dalam menghadapi penderitaan, kekuatan pikiran untuk bertahan hidup walaupun banyak penderitaan yang dialaminya, secara tidak sadar otak akan terus berpikir,bergerak, lalu melakukan tindakan/sesuatu untuk dapat melewati penderitaan hidup. selain itu untuk dapat bertahan dalam penderitaan, kita juga harus tetap yakin dan percaya kepada diri sendiri serta mengucap syukur atas kejadian apapun yang sedang dialami diri kita, lalu menjadikan sebuah krisis hidup berganti menjadi peluang untuk meningkatkan derajat hidup diri kita.

Allah SWT. tidak akan memberikan ujian diluar batas kemampuan manusia. Seperti kata bijak yang mengatakan “jika Tuhan menutup satu pintu, maka Ia akan membuka jendela” mungkin maksud dari kata bijak tersebut adalah Tuhan atau Allah SWT. akan terus bersama kita, manakala satu pintu tertutup untuk kita mngapai kebahagian, maka ada jendela atau jalan keluar lain untuk membantu manusia keluar dari penderitaan hidup.

Entry Filed under: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Blogroll

GUNADARMA

Koneksi

chat with me..

 
%d blogger menyukai ini: