Ada banyak macam rasa gelisah dihati anda?? tenang.. tetap ada penenangnya :) (Manusia dan Kegelisahan)

Juni 3, 2012 pebyword
Tag:

Sama seperti halnya penderitaan, kegelisahan akan ada di hidup manusia. Manakala manusia didalam suatu kebimbangan, lalu muncul lah rasa gelisah untuk memilih mana yang benar dan mana yang salah.
Gelisah adalah kondisi yang wajar dialami manusia, tetapi bagaimna cara untuk menghadapi kegelisahan?? hanya dengan pribadi yang mau berpikir dan kuat imanyalah yang akan mengatasi semua kegelisahan menjadi sebuah pelajaran hidup, lalu yakin dan bisa memilih sesuatu yang lebih benar.


Kegelisahan tidak jarang bersahabat dengan umumnya kita. Ada yang gelisah karena faktor-faktor materi, ada juga yang bukan karena hal-hal yang material. Mungkin kegelisahan itu disebabkan antara lain:

1. Kesulitan ekonomi, manusia dengan kesulitan ekonomi akan menmbulkan kegelisahan setiap hari, perasaan takut terhadap tidak terpenuhinya kebutuhan hidup sehari-hari, padahal hidup memerlukan ekonomi yang memadai untuk terus berjalan.                      

2. Takut kehilangan harta, jabatan dan popularitas, contoh kegelisahan yang satu ini seharusnya harus bisa diolah rasa ketakutanya didalam hati. karena contoh kegelisahan ini sifatnya duniawi, jika diikuti terus-menerus nafsu untuk terus mementingkan hal duniawi seperti itu, bisa-bisa manusia yang gelisah akan hal-hal tersebut bisa gila dibuatnya.

3. Penyakit yang menahun, jika kita atau salah satu anggota keluarga kita sedang sakit, dan sakitnya parah hingga bisa dibilang penyakit menahun maka hal ini akan sangat menimbulkan kegelisahan karena selain takut akan kehilangan nyawa, manusia juga gelisah akan biaya yang akan terus menghimpit mereka untuk melakukan pengobatan-pengobatan supaya bisa sembuh.

4. Kesulitan mendapatkan pasangan hidup yang ideal, belum mendapatkan jodoh menjadi salah satu kegelisahan yang sangat mempengaruhi bagi kehidupan manusia, khususnya para wanita. karena wanita sangat butuh pasangan untuk pelindung, penjaga dan pemimpin didalam kehidupannya kelak.

5. Takut kehilangan pasangan hidup, bagi yang sudah menikah kegelisahan hati yang satu ini sangat menghantui pikiran dan hati manusia, tetapi semua itu bisa diatasi dengan rasa tanggung jawab, rasa mengasihi, rasa menjaga hubungan pernikahan, dan saling memberi kepercayaan satu sama lain.

6. Khawatir gagal dalam berkarier, biasanya kegelisahan ini dialami orang-orang yang belum bekerja atau  sedang merintis kariernya setelah melewati jenjang perguruan tinggi. mereka sering sekali bimbang dan takut dalam meyongsong masa depan, karena belum punya pengalaman dan akan bersaing dengan ribuan orang diluar sana. tetapi jika manusia sudah mempunyai tekad yang kuat untuk berhasil, maka bukan hal tidak mungkin hal itu akan terjadi.

7. Dan lainnya

Dari buku “The Power Of  Fear” bahwa mengahadapi kegelisahan adalah dengan rasakan ketidaknyamanan itu, identifikasikan letaknya, terus hadapi itu sampai anda menyatu dengan perasaan itu. Pindah ke reaksi fisik kita. Sadari itu, konsentrasi pada detak jantung yang berdegup kencang, rasakan juga keringat dingin yang keluar. Terus rasakan itu secara mendalam dan hadapi itu. Rasakan detak jantung dengan meraba detak jantung kita sendiri. Ikuti semua reaksi fisik itu, coba jangan bereaksi berlawanan dan lakukan itu sampai anda menyatu dengan keadaan itu. Satu hal yang membuat kita dapat lebih tenang pada situasi ini adalah menghadapi perasaan itu. Tidak perlu memaksaakan diri untuk mengendalikan reaksi fsik. Bagaimana dengan pikiran kita? Gabungkan hal ini dengan doa karena kedua hal ini akan lebih powerfull dan berjalan beriringan ketika hati kita mulai tenang, pikiran kita juga akan mulai dapat dikendalikan dan saat itulah mulai berdoa dan menyerahkan segala sesuatunya pada penyelenggaraan Tuhan. Yakinlah kekuatan diri kita dapat mengendalikan keseluruhan proses yang terjadi dalam diri kita. Mulai dari hati, pikiran dan reaksi fisiologis atau perilaku kita serta kekuatan doa dan penyerahan total setiap masalah kita dalam penyelenggaraanTuhan.

Diantara contoh kegelisahan tersebut, tetaplah kita harus berdoa untuk lebih mendapatkan ketenangan hati. berpikirlah dengan pikiran yang positif, lalu ingatlah kepada Tuhan, dan yakinkan didalam diri bahwa tidak ada sesuatu yang kekal di dunia ini, dan tak perlu lama-lama untuk digelisahkan.

 

Entry Filed under: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Blogroll

GUNADARMA

Koneksi

chat with me..

 
%d blogger menyukai ini: